Skadron Teknik 045

stk“Nitya Bhakti Bhuwana”, mempunyai makna bahwa Skadron Teknik 045  sebagai ujung tombak Lanud Roesmin Nurjadin selalu siaga dan siap berkarya/bekerja setiap waktu demi kejayaan di udara).

Skadron Teknik 045 merupakan satu satuan baru yang dibentuk oleh TNI AU di Lanud Roesmin Nurjadin guna mendukung pemeliharaan pesawat Hawk 100/200  yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Pembentukan Satuan Skadron Teknik 045 dengan nomor : Skep / 05 / III / 1996 tanggal 15 Maret 1996. Kemudian ditindaklanjuti dengan Skep / 12-PKS / V / 1996 tanggal 17 Mei 1996 tentang pengangkatan personil Skadron Teknik 045 sebanyak 90 orang.

Sejak dibentuk dan diawakinya Skadron Teknik 045, telah langsung menangani pesawat Hawk 100/200 yang datang di Lanud Roesmin Nurjadin pertama kali pada tanggal 28 Mei 1996. Disamping pekerjaan pesawat juga dilaksanakan set up shop dan kegiatan administrasi. Meskipun belum diresmikan Skadron Teknik 045 terus membangun secara perlahan-lahan baik pembangunan fisik, mental spiritual anggota maupun pembangunan lingkungan. Sehingga personil Skadron Teknik 045 tetap dapat menunjukkan disiplin dan semangat tinggi khususnya rasa persaudaraan dan kekeluargaan walaupun dengan segala keterbatasannya.

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya Kepala Staf TNI Angkatan Udara menyetujui dan menandatangani Tunggul Skadron Teknik 045 yang tertuang dalam surat keputusan Kasau Nomor : Skep / 1 / I / 1997 tanggal 30 Januari 1997 serta berkenan meresmikannya (dalam hal ini diwakilkan kepada Pangkoopsau I) pada tanggal 25 Februari 1997.

Adapun dalam pelaksanaan tugas tersebut Skatek 045 menyelenggarakan fungsi-fungsi sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana dan program pemeliharaan alutsista yang menjadi tanggung jawabnya.
  2. Melaksanakan program pemeliharaan alutsista.
  3. Menyelenggarakan pembinaan personel guna mengembangkan kemampuan dalam mendukung kegiatan pemeliharaan alutsista.
  4. Menyusun dan menyiapkan data kebutuhan barang-barang yang dipergunakan guna mendukung kegiatan pemeliharaan alutsista.
  5. Menyelenggarakan koordinasi dan kerja sama dengan satuan-satuan pelaksana lanud lainnya untuk kepentingan pelaksanaan tugas.
  6. Mengajukan saran dan pertimbangan kepada Danlanud, khususnya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang tugasnya.

Kemampuan Skadron Teknik 045 dalam bidang pemeliharaan yaitu melaksanakan pemeliharaan tingkat sedang mulai dari pemeliharaan terjadwal yang berdasarkan jam terbang maupun berdasarkan kalender sampai dengan pelaksanaan trouble shooting terhadap alutsista udara beserta komponennya antara lain pemeliharaan pesawat Hawk Mk 100/200.

Skadron Teknik 045 senantiasa mengabdi demi kejayaan bangsa dan Negara

“AIR POWER ARE BASED ON PRAY AND KNOWLEDGE”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s